RPP IPA Kelas VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Sekolah                          :     SMP Negeri 3 Tanjung Lago

Mata Pelajaran           :     IPA

Kelas/Semester            :     VIII / Ganjil

Materi Pokok               :     Sistem Gerak pada Manusia

Alokasi Waktu             :     4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

 

A.      Kompetensi Inti

·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1    Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

·         Menganalisis struktur dan fungsi rangka

·         Menganalisis struktur dan fungsi sendi

·         Menganalisis struktur dan fungsi otot

·         Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak

4.1    Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

·         Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menganalisis struktur dan fungsi rangka

·         Menganalisis struktur dan fungsi sendi

·         Menganalisis struktur dan fungsi otot

·         Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak

·         Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya

 

D.      Materi Pembelajaran

1.       Materi Pembelajaran Reguler

Sistem Gerak pada Manusia

·       Struktur dan fungsi rangka

·       Struktur dan fungsi sendi

·       Struktur dan fungsi otot

·       Upaya menjaga kesehatan sistem gerak


Komentar

Postingan Populer